Minggu, Agustus 26, 2012



tentu sobat tidak asing lagi dengan yang namanya Laron, rayap, semut, kecoak, lalat, celurut, dan tikus. Sadar atau tidak, saya yakin sobat pandushare apabila menemukan keberadaan hewan-hewan tersebut akan merasa terganggu, ya... bagaimana tidak, misalnya saja semut, di mana ada gula di situ ada semut. Sering mungkin sobat membuat minuman manis, namun belum sempet diminum, entah itu kelupaan atau apa tahu-tahu sudah dikerumuni oleh semut. Nah berikut beberapa tips untuk mengatasi hewan-hewan yang sering kita dibuatnya terganggu dan terusik ketenangannya.


 Mengusir Laron

Di musim penghujan, rumah kerap kedatangan laron. Untuk mengusir laron, bisa saja sobat matikan lampu yang mengakibatkan rumah menjadi gelap. Namun, kalau sobat tak mau mematikan lampu, gantung beberapa buah cabai di lampu. Laron pun akan kabur.





Menghadapi Serangan Rayap

Untuk mencegah rayap, sebaiknya kayu yang akan digunakan diolesi terlebih dulu dengan oli bekas. Lakukan ini 2 kali agar kayu benar-benar bebas rayap.
Untuk memberantas rayap, bisa juga dengan mengolesi daerah yang didatangi rayap dengan kapur sirih. Biarkan selama 4-5 hari, baru kemudian dibersihkan. Bila rayap masih datang juga, ulangi kembali.


Menghalau Semut
Semut tidak bisa merayap melintasi goresan kapur karena itu buat saja garis dengan kapur pada lintasan barisan semut.
Cara lain, taburkan ampas kopi pada sarang semut dan jalan ke arah sarang. Ulangi beberapa hari kemudian. Rumah pun akan bebas semut.
Atau, taburkan bubuk kapur barus (kapur barus yang sudah ditumbuk) pada tempat-tempat yang banyak semutnya.
Bisa juga, ambil sedikit kopi lalu taruh dalam kain. Masukkan bungkusan kopi ini dalam stopless.
Atau bisa Pakai air perasan jeruk nipis dan celupkan di kain lap. Bersihkan di daerah-daerah yg sering di lewati/jalur semut. Semutnya pasti kabur, nggak suka asam, sukanya yang manis dan gurih.
Usir Kecoak
Geli dengan kecoak? Letakkan daun salam pada tempat-tempat yang biasa didatangi kecoak.
Atau pelihara jangkrik. Suara jangkrik yang melengking akan membuat kecoak dan tikus kabur.
Atau ambil merica butir dan tumbuk halus, taruh merica di kain kasa dan ikat dengan karet gelang. letakkan di tempat-tempat yg banyak kecoaknya, pasti kecoaknya kabur


Yang lazim dilakukan orang adalah memasang lilin.
Menggantung air di kantung plastik di tempat yang banyak lalatnya, konon bisa membuat lalat enggan datang.





Mengusir Celurut
Tentu sobat jengkel jika rumah kemasukan celurut. Untuk mencegah masuk ke rumah, ambil bunga-bunga harum dan taburi di depan pintu masuk. Celurut pun enggan masuk.
Bisa juga dengan menyebarkan dahan sirsak yang masih ada daunnya.


Daerah Bebas Tikus
Tikus paling tidak tahan dengan bau mint. Mungkin sobat bisa menggunakan tangkai segar tanaman mint. Atau minyak mint yang bisa diperoleh di apotik. Oleskan minyak mint pada selembar karton, lalu letakkan di tempat lalu lalang binatang itu.
Atau Ambil buah mengkudu yang sudah masak, potong dan taruh di piring-piring kecil. lLtakkan di sudut-sudut tempat tikus sering lewat; bau mengkudu akan membuat tikus ogah masuk ke tempat anda.
(Potong mengkudu gunakan sarung tangan, karena getahnya bisa membuat tangan gatal)




Menghadapi Nyamuk
Pakai minyak serai. Sekarang di jual seperti minyak kayu putih lho. Bisa di teteskan ke air untuk mengepel lantai dan bau wangi serai akan mengusir nyamuk dan gak berani datang lagi, kalau dilakukan secara teratur. Atau bisa di teteskan pada bantal dan guling, supaya nyamuknya lari, nggak berani dekat, dan tidur pun jadi nyenyak.





0 komentar:

Posting Komentar